Masalah Smart Billing
T : Bagaimana cara instalasi Smart Billing?
J : Proses Instal Smart Billing Pada Windows Xp dan Windows 7/8 Tidak Ada Bedanya. Hanya ada beberapa perlakuan awal atau setting awal yang harus anda perhatikan dan sesuaikan dengan hal dibawah ini :
1. Pada Windows vista/7/8 Disable User Account Control Setting (UAC), lalu restart PC terlebih dahulu, berlaku pada PC Client dan sebaiknya juga pada PC Server.
2. Windows Xp SP 2 harus menginstal terlebih dahulu 2 paket instal bawaan dari Microsoft :
4. Pastikan dan anda yakin tidak ada virus pada komputer tersebut. Virus Sality bisa menyebabkan billing tidak dapat dibuka. Jika anda ragu, installah Smart Billing pada PC yang fressh graduate alias baru di format untuk di instal ulang.
5. IP tidak boleh Otomatis (Dynamic) kecuali sudah diatur dari mikrotik atau perangkat sejenisnya.
6. Rubah Regional Setting Windows Menjadi 'English United States'.
[2]
T : Smart Billing sudah diinstal tapi tidak bisa dijalankan
Klik icon didesktop tidak ada respon dan smart billing tidak terbuka ?
J : Hal ini biasanya dikarenakan Komputer baru di instal ulang, sehingga tools windows SQL kemungkinan belum ada di komputer anda. Smart Billing sudah mengantisipasi hal ini dengan menyediakan file instalnya di dalam folder Smartbilling_Counter, anda Instal Saja SSCERuntime_x86-ENU (untuk windows 32bit) atau SSCERuntime_x64-ENU (untuk windows 64bit).
[3]
T : Error Saat Menjalankan Smart Billing
Saat klik shortcut Smart Billing bukan Smart Billing yang muncul, melainkan muncul error "Net Framework Initialization Error" dengan keterangan "unable to find a version of the runtime to run this application"?
J : Kebanyakan pengalaman yang saya jumpai dikarenakan komputer tersebut terkena virus.
Solusinya : Coba Instal Pada PC Lainnya, jika menemui error yang sama, kemungkinan pc tersebut juga terkena virus yang sama, dan bisa jadi semua pc diwarnet anda sudah terpapar virus yang sama. Tidak ada jalan lain selain INUL (Instal Ulang).
[4]
T : Setelah Smart Billing dijalankan muncul tampilan Software Lisensi, apa yang harus saya masukkan?
J : Masukkan ID dan Password GWarnet yang telah anda daftarkan. Belum punya ID GWarnet, Silahkan Daftar ID Gwarnet Dahulu di web gwarnet.com. Jika ID GWarnet anda berstatus suspend, anda tidak bisa masuk software lisensi, Pelajari dan Cek Status GWarnet Kamu
[5]
T : Login Smart Billing - pemilik - passwordnya apa?
J : Default login pemilik jika baru instalasi : 1234
[6]
T : Saya menggunakan windows 7, setelah selesai instal tidak bisa masukkan IP / tidak bisa klik pakai.
J : Matikan/Disable User Account Control Setting (UAC) kemudian restart PC terlebih anda.
[7]
T : Ketika Login Muncul Error "Input String was not in a correct format"
J : Rubah Setting Regional Windows Menjadi "English United States"
[8]
T : Login Smart Billing Muncul Error dengan keterangan "Font 'Tahoma" does not support style 'Reguler'
atau error Font Calibri
J : Smart Billing mendeteksi bahwa komputer anda tidak memiliki File Font Tahoma atau Calibri, ini biasanya saya temui pada Instalan Windows 7/Xp yang "banyak gaya" menggunakan Themes yang bukan standart dari Windowsnya, melainkan themes tambahan. Solusinya Instal Ulang kembali Font Tahoma Windows.
[9]
T : Ketika Smart Billing dijalankan tidak ada respon, diklik kembali muncul error dengan keterangan "SmartDeskLauncher Loaded" atau "An entry with the same key already exists"
J : Kemungkinan Database error atau mengalami masalah sehingga tidak bisa berjalan optimal, ikuti langkah berikut untuk pergantian database
1. Hentikan proses SmartBilling yang sedang berjalan melalui Task Manager, sdupdate.exe ; smartbillingcounter.exe ; smartlauncher.exe ; optimize.exe
2. Buka folder instalasi smartbilling
3. Pindahkan atau rename file DataBase.sdf
4. Buka folder DataBaseBackUp
5. Cari file DataBase yang paling terakhir atau sebelum terjadi error (Lihat dari tanggal dan waktunya)
6. Copy file tersebut ke dalam folder instalasi smartbilling
7. Rename file tersebut misal : DataBase_S_20130527120604.sdf menjadi DataBase.sdf
8. Jalankan Smart Billing seperti biasa
[10]
T : Smart Billing Tidak Bisa di Minimize / Maximize
J: Ikuti langkah berikut,
1. Buka Task manager
2. Pada tab Application, klik kanan Smart Billing
3. Pilih 'Bring to Front'
4. Klik kanan kembali Pilih 'Maximize'
5. Tutup Smart Billingnya
6. Klik kanan pada shortcut Smart Billing pilih 'Properties'
7. Pada bagian Run (Defaulf : normal Windows) ganti menjadi 'Minimized', Ok
8. Jalankan kembali Smart Billingnya kemudian atur untuk ukuran Minimize / Maximize dengan cara klik pinggiran Smart Billing sampai ada tanda panah, kemudian geser saja.
[11]
T : Billing berjalan normal tetapi saat klik Manajemen Barang atau Serah Terima / Tuker Shift muncul error.
J : Lakukan backup database seperti error "SmartDeskLauncher Loaded", - Pertanyaan [9]
[12]
T : Smart Billing Freeze / Not Respons / Hang
J : Cara ini belum tentu bisa mengatasi error tsb tetapi tidak ada salahnya dicoba, perhatikan langkah berikut,
1. Pastikan Versi Smart Billing Client sama dengan server, jika tidak sama update versi client dengan cara restart komputer tersebut (Deepfreeze / Shadows off).
2. Jika tidak mau diupdate, hapus client billing melalui Safe Mode kemudian instal kembali versi terbaru.
3. Setelah versi sama, masuk ke dalam pengaturan 'Manajemen Smart PC'
4. Pastikan tidak ada yang sedang bermain (warnet dalam kondisi kosong).
5. Hapus semua Log Server dan Pembayaran selesai
6. Masuk ke dalam Manajemen Smart PC
7. Lepas semua Setting Kontrol PC diantaranya, Pengaturan Sistem Kontrol Panel, Pengaturan Drive and Folder, Pengaturan Fix System, Pengaturan Fix resolution, Pengaturan Block Program.
8. Restart seluruh komputer client secara bersamaan melalui Server sebanyak 2x.
9. Atur kembali settingan yang sudah di remove
10.ulangi langkah 8
11.Aktifkan kembali Deepfreeze / Shadow
[13]
T: Apa Penyebab Smart Billing Freeze / Not Respons / Hang
J : Ada beberapa hal yang menyebabkan error tersebut
1. Smart Billing digunakan 24 jam nonstop tanpa restart program (tidak pernah ditutup)
2. Warnet sering mati lampu / PC Sering mati sendiri saat billing sedang beroprasi
3. Perbedaan versi client dan server
4. Besarnya ukuran Database
[14]
T : Sudah Mencoba Langkah Diatas, Tapi Smart Billing Tetap Freeze / Not Respons / Hang?
J : Lakukan langkah berikut:
1. klik start pilih run
2. ketik cmd
3. ketik chkdsk /f
4. pilih yes
5. restart komputer tersebut
6. tunggu proses sampai selesai
7. kemudian defrag HDD anda
8. restart kembali komputer tersebut
*jika masih tetap hang setting ulang Smart Billing tanpa menggunakan backup database / fresh install
[15]
T : Bagaimana Cara Uninstal Smart Billing Client?
J : Smart Billing Client tidak akan anda jumpai di control panel. Tapi anda bisa menjumpai Folder Smartbilling_Cient di Drive C. Delete folder tersebut dengan masuk ke windows melalui Safe Mode, lalu matikan saja StartUp Smart Billing pada windows Startup di Registry.
[16]
T : Bagaimana Cara Instal Ulang Smart Billing Agar Database Yang Lama Tidak Hilang?
J : Bakcup/simpan file database.sdf dan log.sdf yang ada di folder Smart Billing, kemudian copy file atau paste file tersebut ke dalam folder instalasi yang baru. Dengan catatan smart billing sebelumnya tidak rusak, jika rusak gunakan database dari folder databasebackup
[17]
T : Setelah up date baru kenapa databasebackup tinggal 2 aja dan tidak sesuai dengan tanggal asli?
J : ada perubahan sistem backup yang sebelumnya berisi penumpukan file yang terlalu besar, jadi sekarang hanya berisi 2 database saja. Kalau isi folder dabasebackup tidak update silahkan ikuti langkah berikut :
1. Tutup program Smart Billing yang sedang berjalan
2. Masuk ke folder databasebackup yang berada didalam folder instalasi billing
3. Hapus atau pindahkan semua file database
4. Pastikan isi folder databasebackup sudah kosong
5. Jalankan kembali Smart Billing seperti biasa
6. Tunggu 10 menit maka akan keluar file backup secara otomatis setiap 10 menit
[18]
T : Hanya 2 buah database backup apa aman?
J : Aman, dengan catatan belum pernah terjadi error database sebelum update, jika sebelumnya sering terjadi error disarankan menggunakan database kosong / setting ulang.
[19]
T : Lupa Password Login Pemilik Smart Billing, Bagaimana Caranya?
A : Usahakan diingat lagi password tersebut, jika sudah hilang ingatan siapkan beberapa persyaratan berikut,
1. Scan KTP owner
2. Scan Form Registrasi awal
3. Database terakhir
Buat email permohonan untuk lupa password dan lampirkan semua persyaratan diatas menggunakan email yang sudah diverifikasi di gwarnet, kirim ke email smartbilling@taiga.co.id dengan subject "Lupa Password Pemilik"
Jika sudah dikirim melalui email anda wajib telp ke (021) 2930-3805 ext 2 untuk konfirmasi ulang. Max proses 7x24 jam hari kerja.
[20]
T : Saat Login Billing Muncul Error Dengan Keterangan "Cannot parse a value"?
J : Pelajari Error Smart Billing Ketika Login.
J : Proses Instal Smart Billing Pada Windows Xp dan Windows 7/8 Tidak Ada Bedanya. Hanya ada beberapa perlakuan awal atau setting awal yang harus anda perhatikan dan sesuaikan dengan hal dibawah ini :
1. Pada Windows vista/7/8 Disable User Account Control Setting (UAC), lalu restart PC terlebih dahulu, berlaku pada PC Client dan sebaiknya juga pada PC Server.
2. Windows Xp SP 2 harus menginstal terlebih dahulu 2 paket instal bawaan dari Microsoft :
- Windows Immaging Component, silahkan download.
- Windows Installer 3.1, silahkan download.
4. Pastikan dan anda yakin tidak ada virus pada komputer tersebut. Virus Sality bisa menyebabkan billing tidak dapat dibuka. Jika anda ragu, installah Smart Billing pada PC yang fressh graduate alias baru di format untuk di instal ulang.
5. IP tidak boleh Otomatis (Dynamic) kecuali sudah diatur dari mikrotik atau perangkat sejenisnya.
6. Rubah Regional Setting Windows Menjadi 'English United States'.
[2]
T : Smart Billing sudah diinstal tapi tidak bisa dijalankan
Klik icon didesktop tidak ada respon dan smart billing tidak terbuka ?
J : Hal ini biasanya dikarenakan Komputer baru di instal ulang, sehingga tools windows SQL kemungkinan belum ada di komputer anda. Smart Billing sudah mengantisipasi hal ini dengan menyediakan file instalnya di dalam folder Smartbilling_Counter, anda Instal Saja SSCERuntime_x86-ENU (untuk windows 32bit) atau SSCERuntime_x64-ENU (untuk windows 64bit).
[3]
T : Error Saat Menjalankan Smart Billing
Saat klik shortcut Smart Billing bukan Smart Billing yang muncul, melainkan muncul error "Net Framework Initialization Error" dengan keterangan "unable to find a version of the runtime to run this application"?
J : Kebanyakan pengalaman yang saya jumpai dikarenakan komputer tersebut terkena virus.
Solusinya : Coba Instal Pada PC Lainnya, jika menemui error yang sama, kemungkinan pc tersebut juga terkena virus yang sama, dan bisa jadi semua pc diwarnet anda sudah terpapar virus yang sama. Tidak ada jalan lain selain INUL (Instal Ulang).
Lakukan
Instal Ulang PC Warnet Anda Agar Tidak Ada Masalah. HALO TEKNISI bisa
membantu anda untuk Membuat Master / Instal Ulang Warnet Tanpa Masalah.
Silahkan Hubungi Halo Teknisi.
[4]
T : Setelah Smart Billing dijalankan muncul tampilan Software Lisensi, apa yang harus saya masukkan?
J : Masukkan ID dan Password GWarnet yang telah anda daftarkan. Belum punya ID GWarnet, Silahkan Daftar ID Gwarnet Dahulu di web gwarnet.com. Jika ID GWarnet anda berstatus suspend, anda tidak bisa masuk software lisensi, Pelajari dan Cek Status GWarnet Kamu
HALO TEKNISI - Buat ID GWarnet Anda.
Silahkan Hubungi Halo Teknisi.
[5]
T : Login Smart Billing - pemilik - passwordnya apa?
J : Default login pemilik jika baru instalasi : 1234
[6]
T : Saya menggunakan windows 7, setelah selesai instal tidak bisa masukkan IP / tidak bisa klik pakai.
J : Matikan/Disable User Account Control Setting (UAC) kemudian restart PC terlebih anda.
[7]
T : Ketika Login Muncul Error "Input String was not in a correct format"
J : Rubah Setting Regional Windows Menjadi "English United States"
[8]
T : Login Smart Billing Muncul Error dengan keterangan "Font 'Tahoma" does not support style 'Reguler'
atau error Font Calibri
J : Smart Billing mendeteksi bahwa komputer anda tidak memiliki File Font Tahoma atau Calibri, ini biasanya saya temui pada Instalan Windows 7/Xp yang "banyak gaya" menggunakan Themes yang bukan standart dari Windowsnya, melainkan themes tambahan. Solusinya Instal Ulang kembali Font Tahoma Windows.
[9]
T : Ketika Smart Billing dijalankan tidak ada respon, diklik kembali muncul error dengan keterangan "SmartDeskLauncher Loaded" atau "An entry with the same key already exists"
J : Kemungkinan Database error atau mengalami masalah sehingga tidak bisa berjalan optimal, ikuti langkah berikut untuk pergantian database
1. Hentikan proses SmartBilling yang sedang berjalan melalui Task Manager, sdupdate.exe ; smartbillingcounter.exe ; smartlauncher.exe ; optimize.exe
2. Buka folder instalasi smartbilling
3. Pindahkan atau rename file DataBase.sdf
4. Buka folder DataBaseBackUp
5. Cari file DataBase yang paling terakhir atau sebelum terjadi error (Lihat dari tanggal dan waktunya)
6. Copy file tersebut ke dalam folder instalasi smartbilling
7. Rename file tersebut misal : DataBase_S_20130527120604.sdf menjadi DataBase.sdf
8. Jalankan Smart Billing seperti biasa
[10]
T : Smart Billing Tidak Bisa di Minimize / Maximize
J: Ikuti langkah berikut,
1. Buka Task manager
2. Pada tab Application, klik kanan Smart Billing
3. Pilih 'Bring to Front'
4. Klik kanan kembali Pilih 'Maximize'
5. Tutup Smart Billingnya
6. Klik kanan pada shortcut Smart Billing pilih 'Properties'
7. Pada bagian Run (Defaulf : normal Windows) ganti menjadi 'Minimized', Ok
8. Jalankan kembali Smart Billingnya kemudian atur untuk ukuran Minimize / Maximize dengan cara klik pinggiran Smart Billing sampai ada tanda panah, kemudian geser saja.
[11]
T : Billing berjalan normal tetapi saat klik Manajemen Barang atau Serah Terima / Tuker Shift muncul error.
J : Lakukan backup database seperti error "SmartDeskLauncher Loaded", - Pertanyaan [9]
[12]
T : Smart Billing Freeze / Not Respons / Hang
J : Cara ini belum tentu bisa mengatasi error tsb tetapi tidak ada salahnya dicoba, perhatikan langkah berikut,
1. Pastikan Versi Smart Billing Client sama dengan server, jika tidak sama update versi client dengan cara restart komputer tersebut (Deepfreeze / Shadows off).
2. Jika tidak mau diupdate, hapus client billing melalui Safe Mode kemudian instal kembali versi terbaru.
3. Setelah versi sama, masuk ke dalam pengaturan 'Manajemen Smart PC'
4. Pastikan tidak ada yang sedang bermain (warnet dalam kondisi kosong).
5. Hapus semua Log Server dan Pembayaran selesai
6. Masuk ke dalam Manajemen Smart PC
7. Lepas semua Setting Kontrol PC diantaranya, Pengaturan Sistem Kontrol Panel, Pengaturan Drive and Folder, Pengaturan Fix System, Pengaturan Fix resolution, Pengaturan Block Program.
8. Restart seluruh komputer client secara bersamaan melalui Server sebanyak 2x.
9. Atur kembali settingan yang sudah di remove
10.ulangi langkah 8
11.Aktifkan kembali Deepfreeze / Shadow
[13]
T: Apa Penyebab Smart Billing Freeze / Not Respons / Hang
J : Ada beberapa hal yang menyebabkan error tersebut
1. Smart Billing digunakan 24 jam nonstop tanpa restart program (tidak pernah ditutup)
2. Warnet sering mati lampu / PC Sering mati sendiri saat billing sedang beroprasi
3. Perbedaan versi client dan server
4. Besarnya ukuran Database
[14]
T : Sudah Mencoba Langkah Diatas, Tapi Smart Billing Tetap Freeze / Not Respons / Hang?
J : Lakukan langkah berikut:
1. klik start pilih run
2. ketik cmd
3. ketik chkdsk /f
4. pilih yes
5. restart komputer tersebut
6. tunggu proses sampai selesai
7. kemudian defrag HDD anda
8. restart kembali komputer tersebut
*jika masih tetap hang setting ulang Smart Billing tanpa menggunakan backup database / fresh install
[15]
T : Bagaimana Cara Uninstal Smart Billing Client?
J : Smart Billing Client tidak akan anda jumpai di control panel. Tapi anda bisa menjumpai Folder Smartbilling_Cient di Drive C. Delete folder tersebut dengan masuk ke windows melalui Safe Mode, lalu matikan saja StartUp Smart Billing pada windows Startup di Registry.
[16]
T : Bagaimana Cara Instal Ulang Smart Billing Agar Database Yang Lama Tidak Hilang?
J : Bakcup/simpan file database.sdf dan log.sdf yang ada di folder Smart Billing, kemudian copy file atau paste file tersebut ke dalam folder instalasi yang baru. Dengan catatan smart billing sebelumnya tidak rusak, jika rusak gunakan database dari folder databasebackup
[17]
T : Setelah up date baru kenapa databasebackup tinggal 2 aja dan tidak sesuai dengan tanggal asli?
J : ada perubahan sistem backup yang sebelumnya berisi penumpukan file yang terlalu besar, jadi sekarang hanya berisi 2 database saja. Kalau isi folder dabasebackup tidak update silahkan ikuti langkah berikut :
1. Tutup program Smart Billing yang sedang berjalan
2. Masuk ke folder databasebackup yang berada didalam folder instalasi billing
3. Hapus atau pindahkan semua file database
4. Pastikan isi folder databasebackup sudah kosong
5. Jalankan kembali Smart Billing seperti biasa
6. Tunggu 10 menit maka akan keluar file backup secara otomatis setiap 10 menit
[18]
T : Hanya 2 buah database backup apa aman?
J : Aman, dengan catatan belum pernah terjadi error database sebelum update, jika sebelumnya sering terjadi error disarankan menggunakan database kosong / setting ulang.
[19]
T : Lupa Password Login Pemilik Smart Billing, Bagaimana Caranya?
A : Usahakan diingat lagi password tersebut, jika sudah hilang ingatan siapkan beberapa persyaratan berikut,
1. Scan KTP owner
2. Scan Form Registrasi awal
3. Database terakhir
Buat email permohonan untuk lupa password dan lampirkan semua persyaratan diatas menggunakan email yang sudah diverifikasi di gwarnet, kirim ke email smartbilling@taiga.co.id dengan subject "Lupa Password Pemilik"
Jika sudah dikirim melalui email anda wajib telp ke (021) 2930-3805 ext 2 untuk konfirmasi ulang. Max proses 7x24 jam hari kerja.
[20]
T : Saat Login Billing Muncul Error Dengan Keterangan "Cannot parse a value"?
J : Pelajari Error Smart Billing Ketika Login.
Bagaimana jika saat laptop di nyalakan muncul smart billing lalu koneksi terputus di layar laptop hanya ada pilihan restart dan shotdown ?
BalasHapusbiasanya itu karna IP dengan server belum sesuai atau belum di setting
Hapusbiaya penggunaan pc penjualan harian berbeda dengan biaya penggunaan pc tukar shift
BalasHapussaya mau tanya. awal nya saya instal smart billing di window 7ultimate pada pc client. trus saya upgrade ke window 10. coneksi ada tapi tidak terhubung ke server. saya sudah masukan seting server ip tapi tetap tidak bisa. bagai mana pencerahan nya?
BalasHapusobject reference not set to an instance of an object.
BalasHapusseperti itulah yang muncul ketika login.
bagaimana cara memperbaikinya gan.
mohon bantuannya..........
Mengatasi smartbilling curopt gmna gan?
BalasHapusBagaimana jika saat pc billing saya di nyalakan muncul smart billing lalu koneksi terputus di layar laptop hanya ada pilihan restart dan shotdown ?
BalasHapustekan tombol shift+ctrl+alt+z maka akan muncul text,lalu isi 1234 setelah itu pilih selesaikan program
Hapussmartbilling saya instal ulang, pas mau masuk software lisense saya lupa id dan pasword g-warnetnya, mohon solusinya gan...????
BalasHapusKk pc saya br dkasih sm temen bks warnet, trz pas masuk ke Windows terkunci di smart biling nya, ada kolom idnya(lupa), ctl+alt+shift+z dy tdk tw pas nya, jadi...gmn cara bisa ilangin smart biling user id nya..
BalasHapusmisi min mau nanya dong, di warnet sya ada salah 1 pc yang mati dan saya ganti dengan yang baru, trus bagaimana cara mengaktifkan nya kembali ? apa yang harus di setting dan di instal ? mohon bantuan nya min
BalasHapusemail : iqbalpangestu007yahoo.co.id
gan kalo ane punya member smart billing, tapi lupa id sama pass nya. lha itu solusinya gimana?
BalasHapuscara mengatasi smart billing yang clienya ada tulisan putus koneksi gimana ?
BalasHapusgimana nih biling clien saat pc clien restar/baru nyala biling ny ke seting ip terus.
BalasHapussaya mau setting waktu di windows pc server, tapi takut nanti waktu di smarblling berubah, gimana ya caranya?
BalasHapuskenapa komputer client tidak bisa di hidupkan dari server???
BalasHapuscannot start smartbranch. adakah solusinya ??
BalasHapusbilling sering di bobol ,,cara ngatasin nya gimana ya gan,Terima kasih sebelumnya
BalasHapussmartbilling saya instal ulang, pas mau masuk software lisense akun kamarin gk bisa di pakek lgi.
BalasHapusdadtar lgi gk di respon mas
mas bisa baut akun smartbiling mas.saya udh dicoba
BalasHapus